Cara Mengobati Muntah Darah dg Obat Herbal

Cara Mengobati Muntah Darah dg Obat Herbal
Informasi kali ini ialah mengenai muntah darah, cara mengobati dan menyembuhkan muntah darah dan juga obat muntah darah dengan bahan herbal, mudah-mudahan saja informasi kali ini bisa memberikan manfaat dan berguna.


Muntah darah atau dalam istilah medisnya disebut dg hematemesis adalah sebuah kondisi dimana seseorang memuntahkan / mengeluarkan darah dari mulutnya, atau bisa dikatakan juga dg muntah yg seperti biasanya namun disertai dg adanya percikan darah di dalam muntah tsb.

Darah yang keluar saat muntah adalah gejala terjadinya pendarahan pada bagian dari lambung, kerongkongan, atau usus duabelas jari. Pada umumnya muntah darah dapat berbeda-beda berdasarkan volume dan warna darah yang dikeluarkan, seperti: ada percikan darah yang bercampur dengan makanan saat muntah, muntah dengan darah dalam jumlah banyak berwarna merah terang, atau tampak darah berwarna gelap dan berbentuk menyerupai endapan. Darah berwarna gelap menandakan bahwa darah tersebut telah ada dalam perut selama beberapa jam.

Muntah darah merupakan suatu gejala yang serius dan perlu ditindak lanjuti dengan segera berobat ke dokter. Muntah dapat terjadi dalam bentuk isi lambung yang bercampur dengan darah, atau hanya berupa darah saja.

Muntah darah dapat terjadi akibat adanya gangguan di kerongkongan, lambung maupun usus, pada kasus yang lebih ringan dapat disebabkan oleh mimisan yang tertelan. Muntah darah dapat disertai dengan gejala-gejala lain, seperti rasa tidak nyaman di perut, mual, sakit perut. Keadaan-keadaan yang dapat menyebabkan muntah darah adalah:
  • Iritasi di kerongkongan (esofagus)
  • Varises di kerongkongan (pembesaran pembuluh darah pada kerongkongan)
  • Luka (ulkus) di lambung
  • Efek samping obat aspirin
  • Gastritis atau peradangan lambung
  • Efek samping obat antinyeri, misalnya ibuprofen
  • Sirosis hati
  • Keganasan seperti kanker tenggorokan dan kanker lambung
Penyebab muntah darah adalah karena akibat dari gangguan di kerongkongan, lambung ataupun usus, seperti yg sudah dijelaskan dr. Mira Iskandar tadi. Jadi jika mengalami batuk muntah darah kemungkinan sedang mengalami penyakit tertentu yg serius dari gangguan kerongkongan, lambung atau usus seperti iritasi di kerongkongan (esofagus), varises di kerongkongan (pembesaran pembuluh darah pada kerongkongan), luka (ulkus) di lambung, gastritis atau peradangan lambung, sirosis hati dan keganasan seperti kanker tenggorokan dan kanker lambung. Untuk dapat memastikannya memang harus dilakukan pemeriksaan secara medis.

Seperti yg dijelaskan oleh dr. Mira Iskandar tadi bahwa muntah darah bukan lah gejala ringan yg biasa saja, tetapi muntah darah adalah gejala yg serius dan harus segera di obati, selain itu muntah darah juga bisa menimbulkan resiko kehilangan darah sehingga terjadi anemia yg dapat menjadi ancaman bagi kesehatan penderitanya.

Nahh, untuk mengobati dan menyembuhkan muntah darah tentu harus dilakukan pengobatan baik itu pengobatan secara medis dengan memeriksakan diri ke dokter atau bisa juga melakukan pengobatan alternatif lainnya.

Namun demikian ada beberapa anjuran yg harus dilakukan ketika mengalami muntah darah, antara lain seperti :
  • Beristirahat cukup dan konsumsi makanan bergizi untuk menjaga daya tahan tubuh
  • Makan secara teratur, jangan terlambat makan
  • Hindari konsumsi makanan yang pedas, berlemak, asam, atau menimbulkan gas
  • Jangan langsung berbaring setelah makan
  • Hindari konsumsi kafein, alkohol dan rokok
  • Meminimalisir stres
Mengenai obat untuk muntah darah, berikut ini beberapa bahan-bahan alami yg bisa dijadikan ramuan obat alami untuk mengobati muntah darah, antara lain :

Lidah Buaya
Lidah buaya, selain segar jika dimakan dan dijadikan minuman, juga punya banyak khasiat. Diantaranya bisa digunakan untuk mengobati muntah darah, selain itu lidah buaya juga bisa digunakan untuk mengobati berbagai penyakit lainnya seperti diabetes mellitus, sembelit, adang tenggorokan, ambeien, sembelit, penurun kadar gula darah, penyubur rambut, batuk (yang membandel), radang tenggorokan, salit kepala, pusing, kejang pada anak, kurang gizi, kencing manis, wasir, peluruh haid, luka terpukul, dan luka bakar. Cara mengobati muntah darah dg obat herbal caranya :
  • Siapkan lidah buaya, kupas, potong kecil-kecil lalu beri garam, aduk-aduk dan bersihkan dari lendirnya dg di cuci pakai air bersih.
  • Siapkan juga 2 sendok makan madu murni.
  • Siapkan wadah yang steril, lalu masukan potongan lidah buaya dan beri campuran 2 sendok makan madu.
  • Kemudian konsumsi ramuan tersebut secara rutin sehari 2 kali, dipagi dan sore hari sampai sembuh
AKar lang-Alang
Alang-alang mempunyai berbagai khasiat salah satunya untuk mengobati muntah darah. Selain itu alang-alang juga memiliki khasiat lainnya seperti penurun demam, pansa dalam dan sebagainya. Cara mengobati muntah darah dg obat herbal caranya :
  • Coba ambil akar alang-alang sekitar 30 sampai 60 gram, cuci bersih, lalu potong-potong
  • Rebus potongan akar alang-alang tersebut dalam 3 gelas air
  • Tunggu sampai air mendidih dan bersisa 1 gelas
  • Bila sudah dinginkan lalu saring untuk memisahkan ampasnya
  • Air rebusan alang-alang ini bisa diminum setelah dingin.
Kunyit
Bahan alami berikutnya ialah ramuan alami dari kunyit untuk mengobati muntah darah. Kunyit yg sudah banyak mengetahuinya akan khasiat sebagai obat alami untuk berbagai jenis penyakit, salah satunya bisa digunakan sebagai obat muntah darah. Cara mengobati muntah darah dg obat herbal caranya sediakan kunyit yang tua cukup 3 buah saja kemudian parutlah. Lalu peras dan ambil air kunyitnya saja. Nah setelah itu embunkan dipagi hari. Dan minum ramuan obat alami kunyit tadi setiap pagi sebelum sarapan / memakan sesuatu.

Daun kacang, Daun Suawa dan Daun pijor holing tanoh
Ramuan obat muntah darah terakhir ini adalah ramuan dari berbagau dedauanan. Cara membuatnya sediakan daun kacang.(bulung Borong),daun suawa (daun tai babi), daun Pijor holing tanoh ( sebangsa gulma, tapi menjalar bagaikan ubi jalar). Lalu campur ketiga bahan tadi kemudian ditumbuk. Beri air hangat secukupnya dan peras. Minum ramuan obat alami ini makan malam sebelum tidur.

Itulah cara mengobati muntah darah menggunakan bahan-bahan alami, untuk mengingatkan kembali muntah darah adalah gejala / tnda dari penyakit yg serius seperti iritasi di kerongkongan (esofagus), varises di kerongkongan (pembesaran pembuluh darah pada kerongkongan), luka (ulkus) di lambung, gastritis atau peradangan lambung, sirosis hati dan keganasan seperti kanker tenggorokan dan kanker lambung. Oleh karena itu sebaiknya segera untuk mengobati muntah darah sebelum menjadi parah dan lebih parah lagi.

Demikian sedikit informasi mengenai muntah darah, informasi tersebut diambil dari berbagai literatur kesehatan, mohon maaf jika banyak kesalahan dan kekurangan. Semoga bisa menambah informasi, bermanfaat serta berguna.