Cara Mengobati Nyeri di Ulu Hati / Sakit Ulu Hati dg Obat Herbal


Cara Mengobati Nyeri di Ulu Hati / Sakit Ulu Hati dg Obat Herbal


Informasi kali ini ialah mengenai nyeri / sakit di ulu hati, cara mengobati sakit ulu hati atau nyeri di ulu hati dan juga obat sakit ulu hati dari bahan herbal, mudah-mudahan saja informasi kali ini bisa memberikan manfaat dan berguna.

NYERI DI ULU HATI

Hampir semua orang pernah mengalami nyeri / sakit di daerah ulu hati, mungkin sebagian masyarakat menyatakan bahwa sakit di ulu hati adalah gejala biasa dan tidak terlalu berbahaya, namun demikian bisa saja nyeri / sakit pada ulu hati tsb adalah indikasi dari penyakit tertentu yg serius.
Cara Mengobati Nyeri di Ulu Hati / Sakit Ulu Hati dg Obat Herbal

Nyeri ulu hati adalah rasa nyeri, sakit atau tertekan yang menjangkiti daerah ulu hati. Dalam ilmu medis, daerah ulu hati disebut dengan epigastrium. Letak ulu hati berada di bawah tulang dada dan di atas pusar, serta berada di antara tulang rusuk. Selain mual dan perut kembung, rasa sakit di ulu hati juga bisa diiringi oleh sendawa, kram, rasa lapar, penurunan berat badan, atau muntah. Rasa sakit dapat menyebar ke atas dada atau punggung.

Penyebab Nyeri di Ulu Hati

Nyeri ulu hati biasanya sering dikaitkan dengan penyakit lambung ( penyakit maag ), memang secara umum penyakit lambung ( maag ) sering menimbulkan rasa sakit / nyeri di ulu hati. Jika Anda sudah mengalami penyakit lambung ( maag ) kemungkinan besar sakit di ulu hati tsb datang akibat dari penyakit lambung ( maag ). Akan tetpai jika memang Anda tidak tidak memiliki riwayat penyakit lambung ( maag ) mungkin rasa sakit / nyeri di ulu hati tsb bukan akibat dari penyakit lambung ( maag ).

Ada beberapa penyakit selain penyakit lambung ( maag ) yg bisa menyebabkan sakit di ulu hati, diantaranya seperti :

1# Tukak peptik / Tukak lambung.
Tukak peptik adalah luka pada lapisan dinding lambung atau usus kecil. Hal ini terjadi ketika zat asam dalam saluran pencernaan merusak permukaan dalam lambung atau usus kecil. Zat asam tersebut bisa membuat luka terbuka yang sangat menyakitkan atau mungkin membuatnya berdarah.

Kondisi ini dapat disebabkan oleh infeksi bakteri dan penggunaan obat-obatan (aspirin, ibuprofen, naproxen, ketoprofen, bisphosphonates, dan suplemen potasium). Tukak lambung tidak disebabkan oleh makanan pedas atau stres.

Rasa nyeri akan dirasakan di ulu hati, dan juga rasa nyeri bisa dirasakan dari area pusar hingga dada. Rasa nyeri akan terasa sangat parah ketika perut kosong dan pada malam hari. Rasa nyeri bisa hilang dan kembali lagi pada hitungan hari atau minggu. Meski jarang terjadi, tukak peptik juga bisa ditandai dengan muntah darah, darah pada tinja, mual, perubahan selera makan serta penurunan berat badan.

2# Sindrom iritasi usus.
Kondisi ini mungkin terjadi karena dinding usus yang dilapisi oleh lapisan otot bergerak lebih kuat dan lama dibandingkan biasanya ketika membawa makanan dari perut melalui saluran usus menuju anus. Selain rasa sakit di ulu hati, kondisi yang menyerang usus besar ini juga menyebabkan kram, perut kembung, buang gas dan perubahan frekuensi buang air besar.

3# Penyakit kantong empedu.
Kantong empedu adalah kantong kecil yang berada di bawah hati. Kantong ini menyimpan dan mengkonsentrat cairan yang membantu tubuh mencerna lemak yaitu cairan empedu. Jika kantong empedu bermasalah, akan menyebabkan sakit perut yang luar biasa secara konstan yang bisa diiringi dengan demam, mual, muntah, tubuh gemetar, tinja berubah warna, nyeri ulu hati dan nyeri dada.

4# Pankreatitis.
Kondisi ini terjadi karena adanya peradangan di dalam pankreas. Selain rasa sakit di ulu hati juga sering menjalar hingga ke punggung biasanya diiringi dengan muntah. Gejala lainnya adalah perubahan warna di sekitar pusar atau panggul, perut kaku, dan rasa sakit pada perut kian parah seusai makan.

5# Preeklamsia.
Kondisi ini khusus dialami oleh ibu hamil, yaitu komplikasi dari penyakit tekanan darah tinggi pada ibu hamil yang tidak ditangani dengan benar. Preeklamsia bisa merusak organ pada tubuh, pada umumnya ginjal. Sakit di ulu hati akan terasa sangat signifikan jika kondisinya telah parah. Biasanya akan diiringi dengan muntah.

Sedangkan menurut dr. Edi Gunawan, Siloam Hospitals Lippo Village, Karawaci, Tangerang yg dilansir oleh www.1helath.id menjelaskan ada tiga penyebab nyeri ulu hati, di antaranya adalah: :

1. Maag
Sebagian besar kasus nyeri ulu hati disebabkan oleh penyakit maag. Maag terjadi akibat pola makan yang tidak teratur. Dinding lambung mengalami iritasi, sehingga timbul rasa nyeri. Pada kasus yang lebih berat, dapat terjadi ulkus atau iritasi pada dinding lambung, sampai dinding usus. Nyeri akibat sakit mag dapat membaik atau memburuk setelah makan, tergantung pada lokasi saluran cerna yang teriritasi.

2. Pankreatitis
Pankreatitis adalah peradangan yang terjadi pada organ pankreas. Gejala biasanya berupa nyeri ulu hati yg sangat hebat, yang menjalar ke punggung. Nyeri akan membaik bila posisi tubuh membungkuk ke depan.

3. Serangan jantung
Pada beberapa kasus, nyeri ulu hati menandakan terjadinya serangan jantung. Bila Anda termasuk orang yang memiliki risiko penyakit jantung, sebaiknya memeriksakan diri secara berkala. Segera lakukan pengobatan saat merasakan nyeri pada ulu hati.

Itulah beberapa penyabab nyeri di ulu hati, ada beberapa penyebab yg bisa menyebabkan sakit di ulu hati, bisa akibat dari penyakit lambung ( seperti maag, tukak petik, dsb ), bisa akibat dari penyakit kantung empedu, penyakit pankreas, penyakit usus dan sebagainya yg bisa menyebabkan nyeri di ulu hati.

Apakah nyeri di ulu hati membahayakan ??

Nyeri / sakit di ulu hati bisa disebabkan oleh berbagai penyebab, namun dari berbagai penyabab tsb bisa dikatakan termasuk penyakit yg memiliki resiko besar sebagai ancaman kehidupan seseorang, seperti penyakit lambung, penyakit empedu, penyakit usus, penyakit pankreas ataupun lainnya.

Jika sudah didiagnosis menderita penyakit tsb, tentu bisa menjadi ancaman seirius bagi kesehatan Anda sehingga bisa membahayakan. Maka nyeri di ulu hati sangat membahayakan jika dibiarkan dan terus dibiarkan apalagi jika sudah menjadi parah.

Oleh karena itu alangkah baiknya tidak membiarkannya dan alangkah baiknya jika melakukan tindakan pengobatan baik itu pengobatan secara medis ataupun pengobatan alternatif lainnya.

Cara Mengobati Nyeri di Ulu Hati / Sakit Ulu Hati dg Obat Herbal


Bagaimana cara mengobati dan menyembuhkan nyeri di ulu hati ??

Nahh, untuk mengobati dan menyembuhkan nyeri di ulu hati tentu harus dilakukan pengobatan baik itu pengobatan secara medis dengan memeriksakan diri ke dokter atau bisa juga melakukan pengobatan alternatif lainnya.

Namun demikian ada beberapa anjuran yg harus dilakukan ketika mengalami nyeri di ulu hati, antara lain seperti :

  • Hindari rokok, minuman beralkohol, bersoda, makanan pedas, asam, beragi dan yang menyebabkan iritasi lambung lainnya,
  • Mengurangi porsi makan namun menambahkan frekuensi makan,
  • Menjaga berat badan dalam kisaran ideal
  • Hindari stress fisik maupun psikis.

Obat Nyeri Ulu Hati dari Bahan Alami
Cara Mengobati Nyeri di Ulu Hati / Sakit Ulu Hati dg Obat Herbal
Mengenai obat untuk nyeri di ulu hati, berikut ini salah satu ramuan obat alami untuk mengobati nyeri dada, yaitu :

Ramuan obat alami 1# Temulawak
Tanaman ini memiliki banyak manfaat di bidang obat herbal dan tradisional. temulawak dapat menjadi obat sakit pada sendi, kanker dan menjadi obat nyeri di ulu hati akibat penyakit lambung ( seperi maag dan tukak peptik ).

Cara Mengobati Nyeri di Ulu Hati dengan Ramuan Obat Alami 1#, cara nya :
  • Sediakan 1 rimpang temulawak lalu cuci bersih
  • Setelah dicuci, temulawak diiris tipis-tipis lalu dianginkan dulu sebentar
  • Rebus irisan temulawak dengan 5-7 gelas sampai mendidih.
  • Tiriskan air rebusan, lalu disaring.
  • Air rebusan diminum 1 gelas perhari sampai gejala nyeri di ulu hati menghilang.

Ramuan obat alami 2# Kunyit
Kunyit mengandung banyak antioksidan yang baik bagi sistem kekebalan tubuh. Selain itu, kunyit juga dapat mengatasi sakit di ulu hati. Caranya ialah 

Cara Mengobati Nyeri di Ulu Hati dengan Ramuan Obat Alami 2#, cara nya :
  • Siapkan 2 batang kunyit yang telah dicuci bersih dan parut.
  • Larutkan parutan kunyit ke air secukupnya, didihkan.
  • Setelah mendidih, tiriskan air rebusan, saring hingga hanya didapatkan airnya saja.
  • Ramuan ini diminum 2 kali sehari yaitu sebelum makan siang dan sebelum tidur, sampai sakit di ulu hati menghilang.

Ramuan obat alami 3# Daun Mint
Mint memiliki banyak manfaat kesehatan. Manfaat yang paling terkenal adalah untuk mengobati gangguan pencernaan seperti kembung, nyeri ulu hati, mual, muntah di pagi hari pada ibu hamil, kram perut, dan nafas tidak segar.

Cara Mengobati Nyeri di Ulu Hati dengan Ramuan Obat Alami 3#, cara nya :
  • Siapkan daun mint secukupnya untuk digunakan penambah dalam sajian teh.
  • Masak air teh sesuai keinginan, lalu tambahkan daun mint
  • Tunggu hingga matang dan minum secar teratur ramuan ini untuk menghilangkan rasa sakit di ulu hati.

Ramuan obat alami 4# Bung Stevia
Bunga stevia juga memiliki segudang manfaat kesehatan. Beberapa diantaranya berkhasiat sebagai obat diabetes, obat darah tinggi, obat radang gusi dan juga bisa digunakan sebagai obat penghilang nyeri / sakit ulu hati.

Cara Mengobati Nyeri di Ulu Hati dengan Ramuan Obat Alami 4#, cara nya :
  • Siapkan bunga stevia yg sudah kering secukupnya untuk digunakan penambah dalam sajian teh.
  • Masak air teh sesuai keinginan, lalu tambahkan bunga stevia
  • Tunggu hingga matang dan minum secar teratur ramuan ini untuk menghilangkan rasa sakit di ulu hati.

Ramuan obat alami 5# Buah Labu
Buah labu sangat kaya dengan kandungan vitamin A. Selain itu juga kaya akan serat dan juga zat kalium untuk meningkatkan daya ketika lambung melakukan proses pencernaan terhadap makanan. Selain nikmat disajikan dalam bentuk olahan makanan, ternyata buah labu memiliki khasiat yg bisa digunakan sebagai obat untuk sakit ulu hati.

Cara mengolah labu menjadi obat sakit ulu hati bisa dijadikan bermacam-macam olahan, mulai dari bubur labu, jus labu, kolak, atau menyantapnya secara langsung pun boleh-boleh saja.

Itulah cara mengobati nyeri di ulu hati menggunakan berbagai bahan herbal alami, untuk mengingatkan kembali, apapun juga tidak ada kata membiarkan yg namanya penyakit seperti gejala nyeri di ulu hati, alangkah baiknya jika diobati sekarang juga dari pada membiarkannya lalu menjadi parah.

Demikian sedikit informasi mengenai nyeri di ulu hati, semoga bisa menambah informasi, bermanfaat serta berguna. Terima kasih atas kunjungannya..

Cara Mengobati Nyeri di Ulu Hati / Sakit Ulu Hati dg Obat Herbal