Cara Mengobati Sakit Perut Atas dengan Obat Herbal

Cara Mengobati Sakit Perut Atas dengan Obat Herbal
Informasi kali ini ialah mengenai sakit perut atas, cara mengobati sakit perut atas dan juga obat sakit perut atas dari bahan herbal, mudah-mudahan saja informasi kali ini bisa memberikan manfaat dan berguna.

Mungkin hampir semua orang pernah mengalami sakit perut, baik pria ataupun wanita baik anak anak ataupun juga orang dewasa. Memang gangguan sakit perut tidak pernah memandang bulu seseorang, sakit perut bisa dirasakan oleh seseorang di baian perut mana saja, baik itu perut bagian atas, bagian bawah ataunpun di bagian perut lainnya.

Perut bagian atas sekitar bagian atas pusar dan sedikit berada di bawah tulang rusuk, biasanya masyarakan umum juga sering menyebut perut bagian atas adalah ulu hati, sehingga banyak juga yg menyebutkan sakit perut atas adalah sakit ulu hati.

Perut memiliki berbagai organ tubuh, salah satu organ tubuh di dalam perut bagian atas ialah organ sistem pencernaan di mulai dari lambung, kantung empedu, pankreas, dsb. Gangguan pada organ sistem penceraan ini sering menimbulkan berbagai gejala salah satunya gejala nyeri perut bagian atas.

Seperti yg dikatakan tadi di dalam perut ada banyak organ tubuh, beberapa organ tubuh yg ada di sekitar daerah perut bagian atas, adalah organ sistem pencernaan di mulai dari lambung, kantung empedu, pankreas, dsb. Gejala sakit perut bagian atas diperkirakan disebabkan oleh gangguan pada organ pencernaan tsb yg berada di sekitar perut bagian atas.

Berikut beberapa penyebab nyeri perut bagian atas baik pada wanita ataupun pria, antra lain :

Penyakit Maag ( lambung )
Penyakit maag adalah penyakit yg disebabkan oleh asam lambung naik, gejala yang ditimbulkannya rasa mual, ingin muntah, pusing dan sering diiringi dengan rasa sakit perut bagian atas hingga menjalar ke bagian ulu hati.

Tukak Lambung
Tukak lambung adalah penyakit lambung karena adanya luka pada dinding lambung sehingga menimbulkan nyeri. Jika merasakan perut bagian atas sangat perih, mungkin dinding lambung mengalami peradangan. Salah satu tanda khas dari penyakit ini adalah serangan nyeri perut bagaian atas yang makin parah di malam hari.

Radang selaput perut
Peritonitis adalah peradangan yang biasanya disebabkan oleh infeksi pada selaput rongga perut (peritoneum). Peritoneum adalah selaput tipis dan jernih yang membungkus organ perut dan dinding perut sebelah dalam. Sakit perut bagian atas yang datang secara tiba-tiba kemudian hilang dan datang lagi adalah tanda bahwa selaput perut mengalami peradangan. Kondisi ini biasanya menyebabkan perut terasa keras.

Radang pankreas
Radang pankreas juga sering menimbulkan rasa sakit pada perut bagian atas yang menjalar hingga punggung disertai muntah. Tanda-tanda dari penyakit ini bervariasi, namun yang paling umum adalah sakit kuning, perut terasa keras, dan perubahan warna di daerah panggul.

Gangguan kantung empedu
Salah satu gangguan dari kantung empedu ialah batu empedu, batu empedu juga bisa menimbulkan rasa nyeri terus-menerus di perut bagian atas dan sangat penting untuk diwaspadai. Sebab jika hal tersebut disertai dengan muntah, demam, dan rasa kaku, ginjal berisiko bermasalah serius.

Sindrom Iritasi Usus
Sindrom iritasi usus juga menimbulkan sakit perut bagian atas namun sering dialami minimal enam bulan. Sakit jenis ini biasanya disertai dengan rasa kembung dan perubahan frekuensi buang air besar misalnya dari konstipasi ke diare dan sebaliknya.

Pola makan tidak sehat
Pola makan yang tidak sehat dan tidak teratur juga sering menimbulkan rasa nyeri perut bagian atas biasanya disebabkan kekenyangan, mengonsumsi minuman beralkohol sambil makan, atau terlalu banyak mengonsumsi makanan pedas dan berminyak, dan sebagainya.

Itulah beberapa penyebab nyeri perut bagian atas baik dialami oleh wanita ataupun pria melihat dari letak organ tubuh di perut bagian atas memang kemungkinan besar disebabkan karena gangguan organ pada sistem pencernaan, seperti lambung ( maag ), kantung empedu, pankreas, dsb. Memang untuk dapat memastikannya harus dialkukan pemeriksaan secara medis.

Sakit perut bagian atas adalah adalah tanda adanya gangguan pada kesehatan tubuh manusia, dan sudah barang tentu jika gangguan kesehatan tubuh tsb dibiarkan tanpa pengobatan bisa menjadi lebih serius dan bisa membahayakan kesehatan tubuh secara menyeluruh. Dan lambat laun bisa menjadi penyakit lebih serius lagi hingga menurunkan kualitas hidup penderitanya.

Sudah pssti alangkah baiknya tidak membiarkan gangguan kesehatan terjadi pada tubuh termasuk dg sakit perut atas dan alangkah baiknya jika melakukan tindakan pengobatan baik itu pengobatan secara medis ataupun pengobatan alternatif lainnya.

Nahh, untuk mengobati dan menyembuhkan sakit perut atas tentu harus dilakukan pengobatan baik itu pengobatan secara medis dengan memeriksakan diri ke dokter atau bisa juga melakukan pengobatan alternatif lainnya.

Namun demikian karena penyebab sakit perut bagian atas bisa disebabkan oleh berbagai penyakit maka pengobatannya disesuaikan dengan penyakit yg mendasarinya contohnya jika memang karena penyakit maag tentu pengobatannya pun disesuaikan.

Ada beberapa anjuran yg harus dilakukan ketika mengalami sakit perut bagian atas dan juga sebagai penangangan pertama ketika mengalami sakit perut bagian atas, antara lain seperti :
  • Kompres hangat pada perut yang sakit
  • Konsumsi makanan sehat secara teratur, hindari melewatkan jam makan
  • Hindari makanan pedas, tinggi lemak, mengandung tomat
  • Batasi kafein: kopi, teh, coklat, minuman soda
  • Kelola stres psikis
  • Istirahat yang cukup, hindari begadang
  • Banyak minum
Mengenai obat untuk sakit perut bagian atas, berikut ini salah satu ramuan obat alami untuk mengobati sakit perut bagian atas, yaitu :

Jahe
Jahe merupakan pilihan yang baik sebagai obat sakit perut bagian atas. Jahe mengandung gingerol, suatu antioksidan kuat yang dapat mengurangi jumlah dan efek jahat dari radikal bebas di dalam tubuh. Selain itu, gingerol juga mampu mengurangi sensasi mual dan rasa tidak nyaman pada perut. Jahe juga memiliki efek anti radang serta dapat menetralkan pH di lambung. Bila tidak teh, berikan minuman yang mengandung jahe lainnya. Caranya :
  • Sediakan jahe secukupnya lalu cuci bersih
  • Lalu masak dengan air secukupnya hingga matang
  • Saring dan minum ramuan obat alami tsb untuk membantu mengobati sakit perut bagian atas.
Daun Sembung
Daun sembung memiliki banyak khasiat selain berkhasiat membantu mengobati sakit perut, juga berkhasiat sebagai obat pengencer darah, obat batuk, pereda nyeri haid, dan juga luka luar seperti gatal-gatal dan bisul. Untuk penyakit paru-paru seperti bronkhitis pun, daun sembung sangat berguna sebagai obat. Caranya :
  • Ambil segenggam daun sembung
  • Cuci dengan air bersih lalu potong menjadi beberapa bagian kecil.
  • Rebus irisan daun dengan 3 gelas air hingga hanya tersisa setengahnya.
  • Tambahkan madu untuk mengurangi rasa pahit.
  • Biasanya ramuan ini diminum tiga kali sehari, dengan porsi 2 ½ gelas setiap kali minum.
Kunyit
Kunyit juga memiliki berbagai khasiat selain berkhasiat mengobati sakit perut juga berkhasiat mengobati tekanan darah tinggi, demam, malaria, nyeri sendi, telat datang bulan dan berbagai khasiat lainnya. Caranya :
  • Siapkan 1/2 jari rimpang kunyit, 1/2 sendok teh rasuk angin, 3 biji ketumbar, 1 lembar daun tawas dan 1 buah kayu ules.
  • Tumbuk semua bahan hingga halus lalu di rebus dengan segelas air.
  • Saring air dan minum ketika sudah dingin.
  • Anjuran Pengobatan : 2 x 1 gelas dalam sehari (pagi dan sore).
Ramuan obat herbal alami di atas bersumber dari berbagai sumber informasi kesehatan.  Mohon maaf sebesar-besarnya apabila ada kesalahan maupun kekurangan. Semoga bermanfaat dan semoga lekas sembuh, amin..

Itulah cara mengobati sakit perut atas menggunakan berbagai tanaman herbal alami, untuk mengingatkan kembali, apapun juga tidak ada kata membiarkan yg namanya penyakit seperti gejala sakit perut bagian atas, alangkah baiknya jika diobati sekarang juga dari pada membiarkannya lalu menjadi parah.