Cara Mengobati Sakit Bokong / Pantat Kanan / Kiri dg Obat Herbal

Cara Mengobati Sakit Bokong / Pantat Kanan / Kiri dg Obat Herbal
Informasi kali ini ialah mengenai sakit / nyeri bokong, cara menyembuhkan sakit bokong sebelah kiri ataupun sebelah kanan dan juga obat sakit bokong / sakit pantat dari bahan herbal, mudah-mudahan saja informasi kali ini bisa memberikan manfaat dan berguna.

Sakit bokong atau pantat termasuk masalah yg cukup sering di rasakan oleh semua orang, baik pria ataupun wanita. Memang gangguan sakit bokong bukan lah masalah besar dan biasanya juga rasa sakit / nyeri tsb bisa hilang dengan sendirinya. Tetapi terkadang pula sakit bokong itu sering dirasakan oleh sebagian orang dan berkepanjangan yg tak kunjung sembuh. Ketika sakit bokong itu sering dirasakan apalagi berkepanjangan tidak kunjung sembuh, sakit bokokng tsb bisa menjadi gangguan yg cukup serius bagi pengidapnya.

Di sekitar bokong atau pantat terdapat berbagai jaringan organ tubuh mulai dari kulit, saraf, otot, pembuluh darah hingga tulang yg menjadi penyangganya. Timbul sakit / nyeri di sekitar bokong atau pantat di perkirakan disebabkan oleh ganguan pada jaringan tubuh tsb.

Tetapi dari kebanyakan kasus sakit bokong disebabkan karena gangguan pada otot-otot di sekitar bokong / pantat hingga menyebabkan gangguan pada saraf di sekitarnya. Dalam dunia medis penyebab tersering yg menyebabkan sakit pada bokokng / pantat di sebut dengan Sindrom Piriformis.

Cara Mengobati Sakit Bokong / Pantat Kanan / Kiri dg Obat Herbal
Sindrom piriformis adalah gangguan otot piriformis yang terletak di area pantat / bokong mengalami ketegangan dan kekakuan, sehingga menjepit saraf sciatic yang ada di antara otot-otot piriformis dan menimbulkan gejala seperti sakit, nyeri, linu disekitar pantat / pinggang bawah ( sciatic ).

Saraf sciatic berada di sekitar otot-otot piriformis terjepit oleh otot-otot piriformis yg mengalami ketegangan atau kekauan, akibat adanya saraf sciatic terjepit itulah yg menimbulkan rasa sakit, nyeri, linu pada bokokong atau pantat dan di sekiatar pinggang bawah.

Penyebab Sindrom piriformis sendiri bisa diakibatkan oleh berbagai faktor diantarnya seperi cidera ketika berolah raga, terjatuh, kurang pergangan ketika akan berolah raga, dsb.

Gejala Sindrom piriformis paling umum, antara lain nyeri bokong ( pantat ) dan sakit linu panggul seperti di bagian belakang paha, betis dan kaki. Gejala khas dari sindrom piriformis antara lain seperti 
  • Sakit bokong dan nyeri tekan bokong ( pantat ), gejala ini khas dari sindrom piriformis.
  • Sakit dirasakan hingga bagian belakang paha, betis dan kaki ( seperti linu panggul )
  • Nyeri akan timbul dan bertambah saat berjalan menaiki tangga atau condong, setelah duduk lama, berjalan atau berlari dan mungkin merasa lebih baik setelah berbaring.
  • Gerak sendi pinggul berkurang, dan nyeri ketika pinggul digerakan-gerakan.
  • Paha dan tungkai bawah yang memaksa otot piriformis berkontraksi, seperti menekuk paha ke depan dengan kaki lurus bisa menimbulkan ras sakit di sekitar bokong / pantat.
Jadi jika Anda mengalami sakit bokong / pantat seperti yg dijelaskan sebelumnya, maka kemungkinan penyebab nya adalah singrom piriformis. Tetapi tidak selamanya juga sakit bokong itu penyebab nya adalah sindrom piriformis, maka dari itu untuk lebih jelasnya sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter terdekat.

Sakit bokong / pantat adalah tanda adanya gangguan pada kesehatan tubuh manusia, dan sudah barang tentu jika gangguan kesehatan tubuh tsb dibiarkan tanpa pengobatan bisa menjadi lebih serius dan bisa membahayakan kesehatan tubuh yg tak di sangka0sangka. Dan lambat laun bisa menjadi gangguan yg seriushingga menurunkan kualitas hidup penderitanya.

Seperti kelumpuhan karena jika memang penyebab nya adalah sindrome piriformis, sindrom firipormis yg parah dan semakin parah memang bisa menyebabkan kelumpuhan hingga kaki mulai dari pantat sampai ujung kaki sakit untuk digerakan, tidak bisa berdiri hingga tidak mampu berjalan seperti biasanya.

Sudah pasti alangkah baiknya tidak membiarkan gangguan kesehatan terjadi pada tubuh termasuk dg sakit bokong atau sakit pantat dan alangkah baiknya jika melakukan tindakan pengobatan baik itu pengobatan secara medis ataupun pengobatan alternatif lainnya.

Nahh, untuk mengobati dan menyembuhkan sakit bokong / pantat tentu harus dilakukan pengobatan baik itu pengobatan secara medis dengan memeriksakan diri ke dokter atau bisa juga melakukan pengobatan alternatif lainnya.

Namun demikian ada beberapa anjuran yg harus dilakukan ketika mengalami sakit perut bagian bawah dan juga sebagai penangangan pertama ketika mengalami sakit perut bagian atas, antara lain seperti :
  • Kompres hangat pada daerah yang sakit
  • Rutin berolahraga dengan melakukan pemanasan yang cukup sebelumnya
  • Hindari posisi yang tidak ergonomis (tidak sesuai), misalnya hindari duduk lama, gunakan kursi yang dapat menopang dengan baik tulang leher, punggung, dan panggul
  • Tidur menggunakan kasur dan bantal yang dapat menopang dengan baik tulang leher, punggung dan panggul
  • Banyak minum
Mengenai obat untuk sakit bokong / pantat, berikut ini salah satu ramuan obat alami untuk mengobati sakit bokong atau pantat, yaitu :

Daun Sirsak
Daun sirsak memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh baik sebagai jamu kesehatan ataupun obat tradisional alami, saah satu khasaitnya bisa digunakan sebagai obat untuk menghilangkan rasa sakit seperti sakit pada bokong. Cara membuat obat sakit bokong alami :
  • Sediakan daun sirsak secukupnya
  • Rebus daun sirsak dengan air secukupnya lalu rebus hingga matang
  • Lalu di saring dan minum ketika sudah dingin bsai ditambahkan madu untuk mengurangi rasa pahitnya.
  • Anjuran Pengobatan : 2 x 1 gelas dalam sehari (pagi dan sore).
Daun Alpukat
Sama halnya dengan daun sirsak, daun alpukat juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh baik sebagai jamu kesehatan ataupun obat tradisional alami, diantarnaya bisa digunakan sebagai obat batu ginjal, obat hipertensi, obat sariawan dan juga bisa digunakan sebagai obat penghilang rasa sakit pada tubuh seperti sakit pada bokong. Cara membuat obat sakit bokong alami :
  • Cara membuatnya pun sama dengan daun sirsak, cukup sediakan daun alpukat secukupnya
  • Rebus daun alpukat dengan air secukupnya lalu rebus hingga matang
  • Lalu di saring dan minum ketika sudah dingin bsai ditambahkan madu untuk mengurangi rasa pahitnya.
  • Anjuran Pengobatan : 1 x 1 gelas dalam sehari (pagi dan sore).
  • Catatan : jangan berlebihan mengkonsumsi ramuan dari daun alpukat karena bisa menjadi bersifat toksik ( racun ) dan jika ada efek samping setelah meminum ramuan dari daun alpukat segera hentikan. Ada bebrapa daun alupkat yg memiliki sifat toksik diantaranya daun alpukat jenis guatemala, namun secara umum alpukat yg ada di Indonesia sangat aman di konsumsi, hanya saja waspada sedini mungkin akan lebih baik.
Daun Bakung
Tidak jauh berbeda dengan kedua duan sebelumnya, daun bakung juga memiliki segudang manfaat, diantara khasiatnya seperti digunakan obat anyang anyangan, obat luka, obat limpa bengkak dan khasiat lainnya. Cara membuat obat sakit bokong alami :
  • Sediakan daun bakung secukupnya
  • Kemudian panggang di atas api sampai menjadi layu.
  • Setelah layu lumurilah daun tersebut dengan minyak kelapa hingga merata.
  • Tempelkanlah pada bagian yang sakit sewaktu daun daun itu masih hangat-hangat kuku.
  • Ulangi beberapa kali, hingga sakit sakit pada bokong hilang.
Ramuan obat herbal alami di atas bersumber dari berbagai sumber informasi kesehatan.  Mohon maaf sebesar-besarnya apabila ada kesalahan maupun kekurangan. Semoga bermanfaat dan semoga lekas sembuh, amin..

Itulah cara mengobati sakit bokong / pantat kanan / kiri dg obat herbal dari berbagai bahan alami, untuk mengingatkan kembali, apapun juga tidak ada kata membiarkan yg namanya penyakit seperti gejala sakit bokong / pantat, alangkah baiknya jika diobati sekarang juga dari pada membiarkannya lalu menjadi parah.