Cara Mengobati Miom dengan Menggunakan Obat Miom Herbal

Cara Mengobati Miom dengan Menggunakan Obat Miom Herbal
Miom merupakan salah satu penyakit yg khas dan sering dialami oleh kaum wanita, namun banyak wanita yang mengetahui apa itu miom, paling tidak maksud dari penyakit miom itu sendiri.

Miom atau sering disebut juga mioma uteri adalah benjolan lunak yg merupakan pertumbuhan jinak otot polos di dinding rahim secara tidak normal (abnormal), miom termasuk ke dalam jenis tumor jinak dan tidak lerlalu berbahaya dibanding dengan tumor ganas ( kanker ).

Informasi kali ini akan mengulas tentang penyakit miom, penyebab dan gejala miom serta cara mengobati miom dengan menggunakan obat miom herbal, mudah-mudahan saja informasi ini bisa memberikan manfaat dan berguna.

Miom (mioma uteri) adalah tumor jinak, bentuknya padat terbuat dari jaringan berserat, karena itu sering disebut fibroid tumor. Miom dalam ukuran dan jumlah nya bisa bervariasi, miom sering tumbuh lambat dan biasanya tidak menimbulkan gejala keluhan apapun.

Tetapi ada sebagian orang mengalami berbagai keluhan gejala dari miom dan ketika diperiksakan ke dokter ternyata memang benar mengalami miom. Miom hanya bisa dilihat melalui pemeriksaan USG oleh dokter.

Penyebab mioma belum benar-benar dapat dipastikan, miom tidak akan berkembang atau tumbuh sebelum tubuh mulai memproduksi hormon estrogen. Sebagian besar miom berkembang pada wanita selama bertahun-tahun di dalam reproduksi wanita.

Miom cenderung tumbuh sangat cepat ketika tubuh meningkatkan produksi estrogennya misalnya ketika sedang hamil. Ketika wanita mulai memasuki masa menopause, miom umumnya berhenti tumbuh dan mulai menyusut karena hilangnya estrogen atau berkurangnya estrogen.

Jadi bisa dikatakan penyebab miom adalah adanya gangguan peningkatan hormon estrogen.

Meningkatnya hormon estrogen ini bisa terjadi karena berbagai faktor, mulai dari faktor usia, radikal bebas, obesitas, kehamilan, faktor keturunan dan pola makan yang kurang sehat bisa memicu tumbuhnya miom di dalam tubuh.

Miom dapat tumbuh sebagai nodul tunggal ( hanya satu benjolan miom ) atau dalam kelompok / berkoloni ( beberapa benjolan miom ) dan miom dapat berukuran mulai dari 1 mm sampai lebih dari 20 cm bahkan bukan menutup kemungkinan bisa lebih dari itu.

Jadi miom adalah tumor jinak yang tumbuh di dalam dinding otot rahim secara tidak normal (abnormal), bisa tumbuh menjadi satu miom atau tumbuh menjadi beberapa miom di dalam dinding rahim.

Ada gejala-gejala tertentu ciri khas dari penyakit miom, berikut gejala gejala miom, antara lain seperti :
  • Menstruasi berlebih atau menyakitkan.
  • Sering buang air kecil.
  • Konstipasi
  • Rasa sakit pada bagian perut
  • Sakit saat berhubungan seksual
Miom adalah tanda adanya gangguan pada kesehatan tubuh manusia, dan sudah barang tentu jika gangguan kesehatan tubuh tsb dibiarkan tanpa pengobatan bisa menjadi lebih serius dan bisa membahayakan kesehatan tubuh secara keseluruhannya dan lambat laun bisa menjadi gangguan yg serius hingga menurunkan kualitas hidup penderitanya.

Miom termasuk kedalam jenis tumor jinak, yang namanya jinak memang tidak begitu membahayakan. Namun demikian miom bisa tumbuh besar dan ukurannya bisa semakin membesar, ketika miom sudah besar itu yg menjadi sangat berbahaya, karena selain mengganggun kesehatan dan juga pengobatanya pun harus dilakukan dengan tindakan operasi.

Tentu alangkah baiknya tidak membiarkan gangguan kesehatan terjadi pada tubuh termasuk dg miom dan alangkah baiknya jika melakukan tindakan pengobatan baik itu pengobatan secara medis ataupun pengobatan alternatif lainnya.

Nahh, untuk mengobati dan menyembuhkan miom tentu harus dilakukan pengobatan baik itu pengobatan secara medis dengan memeriksakan diri ke dokter atau bisa juga melakukan pengobatan alternatif lainnya.

Berikut beberapa obat miom yg sering diresepkan / yg dianjuran dokter seperti :
  • Kontrasepsi oral (pil KB)
  • Levonorgestrel intrauterine system
  • Asam traneksamat
  • Obat anti inflamasi non steroid
  • Norethisterone oral
  • Progesteron suntik
  • Gonadotropin Releasing Hormone
Selain dengan pemberian obat miom, jika dengan mengkonsumsi obat miom tersebut tidak hilang juga biasanya pengobatan miom selanjutnya akan direkomendasikan untuk di operasi, seperti :
  • Operasi Bedah histeroskopi
  • Operasi Miomektomi
  • Operasi Histerektomi
  • Operasi Embolisasi arteri rahim
  • Operasi Ablasi endometrium
Cara mengobati miom bisa dilakukan denganberbagai cara, tentu cara terbaik untuk mengobati miom ialah dengan memeriksakan diri ke dokter terdekat. Sebab dengan diperiksakan tentu akan dapat diketahui bagaimana pengobatan miom yang efektifnya.

Namun demikian cara mengobati miom tidak melulu harus diperiksakan ke dokter, ada cara-cara lain yang bisa dilakukan untuk mengobati miom. Salah satu diantaranya ialah dengan menggunakan cara herbal dan tradisional. Cara mengobati miom dengan menggunakan obat miom herbal bisa menjadi solusi alternatif yang bisa dilakukan sendiri. Obat miom herbal ini ialah dengan menggunakan bahan-bahan atau tanaman-tanaman herbal alami mulai dari akar tanaman, buah-buahan ataupun dedaunan.

Mengobati miom secara alami dan tradisional menjadi salah satu pengobatan warisan yang biasa digunakan oleh masyarakat kita. Beberapa bahan-bahan alami yg berkhsiat mengobati miom secara alami antara lain :

Cara Mengobati Miom dengan Menggunakan Obat Miom Herbal
Daun Sirsak
Daun sirsak menjadi obat miom herbal pertama yg bisa Anda coba di rumah. Daun sirsak memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh baik sebagai jamu kesehatan ataupun obat tradisional alami, salah satu khasaitnya bisa digunakan sebagai obat untuk mengatasi berbagai jenis tumor seperti halnya dengan miom karena miom sendiri termasuk ke dalam jenis tumo yg bersifat jinak. Penggunaan daun sirsak untuk mengobati miom caranya antara lain :
  • Sediakan daun sirsak secukupnya
  • Rebus daun sirsak dengan air secukupnya lalu rebus hingga matang
  • Lalu di saring dan minum ketika sudah dingin bsai ditambahkan madu untuk mengurangi rasa pahitnya.
  • Anjuran Pengobatan mom : 2 x 1 gelas dalam sehari (pagi dan sore).
Cara Mengobati Miom dengan Menggunakan Obat Miom Herbal
Mahkota Dewa
Mahkota dewa bisa dijadikan sebagai obat miom herbal karena memiliki kandungan zat aktif berupa alkoid, polifenol, saponin yang mempunyai peranan anti bakteri dan meningkatkan kekebalan dan vitalitas dan juga adanya flavonoid yang bersifat anti radang. Cara mengobati miom dengan menggunakan obat miom herbal dari mahkota dewa caranya cukup mudah seperti :
  • Sediakan 30 gram daun mahkota dewa, 50 gram temu mangga dan 5 gram buah mahkota dewa kering.
  • Lalu masak dengan 800 cc dan sisakan 400 cc.
  • Saring dan minum ramuan obat miom alami tsb sebanyak 2 kali sehari untuk membantu mengatasi miom yg Anda alami.
Cara Mengobati Miom dengan Menggunakan Obat Miom Herbal
Kunyit Putih
Tanaman selanjutnya yg berkhasiat juga mengobati miom ialah kunyit putih. Kunyit selain berkhasiat mengobati miom juga berkhasiat mengobati tekanan darah tinggi, demam, malaria, nyeri sendi, telat datang bulan dan berbagai khasiat lainnya. Kunyit putih (curcuma mangga) memili khasiat antioksidan dan anti-iflamasi yang lebih kuat dibanding dengan hidrokortison. Pengobatan miom dengan memanfaatkan tanaman kunyit putih caranya yaitu :
  • Siapkan kunyit kering, temu putih, tapak liman kering dan pegagalan kering masing-masing 10 gram dan tambahkan 30 gram cakar ayam segar.
  • Lalu rebus dengan 1 liter air, sisakan setengahnya kemudian angkat setelah dingin lalu saring.
  • Anjuran Pengobatan Miom : 3 x 1 gelas dalam sehari.
Cara Mengobati Miom dengan Menggunakan Obat Miom Herbal
Benalu teh
Obat miom terkahir yg bisa Anda coba yaitu benalu teh, benalu yang tumbuh di pohon teh memiliki kandungan flavonoid, chalcones, flavanones, c-glycoflavonols dan flavan3-ols yang memiliki banyak khasiat untuk meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah pengumpalan darah, anti alergi dan anti kanker sehingga bisa Anda jadikan menjadi obat miom herbal yg alami. Cara mengobati miom dengan menggunakan obat miom herbal dari benalu teh caranya antara lain :
  • Siapkan 60 gram benalu yang hidup di pohon teh dan 30 gram rumput mutiara
  • Rebus dengan air 800cc air kemudian saring masing-masing 200 cc.
  • Anjuran Pengobatan miom : 2 x 1 gelas dalam sehari ( pagi dan sore ).
Ramuan obat miom herbal di atas bersumber dari berbagai sumber informasi kesehatan. Mohon maaf sebesar-besarnya apabila ada kesalahan maupun kekurangan. Selain beberapa tanaman-tanaman atau bahan-bahan herbal diatas, masih banyak lagi tanaman-tanaman lainnya yg bisa digunakan menjadi obat miom terutama di Indonesia ini yg memiliki banyak jenis tanaman.

Miom termasuk keluhan yg serius jika terus dibiarkan karena ukurannya dapat bertambah besar, jika ukurannya terus bertambah besar maka pengobatannya pun terpaksa harus di operasi. Maka dari itu sebaiknya untuk segera mengobati miom sebelum parah.